axio0 + via chrome9 cn896 + compiz is done aliaaaas berhasiillll......

Akhirnya setelah penantian dengan percobaan yang panjang Ubuntu 8.04 yang terpasang di axio ku, mampu menjalankan compiz meski dengan nafas tersengal... hehehe... tapi itu dah cukup membuatku senang.......


Berawal dari driver yang ku download dari via portal http://linux.via.com.tw/support/......, setelah instalasi compiz memang dapat dijalankan hanya saja desktop nya menjadi terbalik tulisannya. Paginya aku coba browsing, dan dengan bantuan pakde google, aku dihadapkan pada sebuah forum tentang compiz dan via chrome9.

Dalam forum tersebut ada yang mengalami hal serupa, yakni desktop menjadi terbalik nggak karuan. Dan dari saran yang ku baca compiz bisa dijalankan dengan driver seri via-unichrome.83.40692.tar.gz. Akhirnya aku googling lagi dan menemukan driver itu. tak sabar aku ingin mencoba driver tersebut.

Sesampai nya di kost, ku buka laptopku dan ku install driver nya dengan sekali perintah

#./vinstall
(tentunya setelah semua diextrak terlebih dahulu)

and don't forget untuk menambahkan :

WHITELIST="nvidia intel ati radeon i810 via"

dalam /usr/bin/compiz.

tanpa banyak perubahan di xorg.conf aku mencoba tuk restart terlebih dahulu.

Setelah restart ternyata halaman GDM tampil dengan warna hitam nya alias gelap.. :D tapi ubuntu tetap jalan dengan ditandai suara khas nya. Seperti yang pernah terjadi sebelum nya aku tekan tombol ctrl+alt+f6 dan tekan lagi ctrl+alt+f7 dan gdm pun terlihat dengan indah nya.

Setelah login ku coba enable kan compis lewat Appearance Preferences di tab Visual effect. Opsi normal ku pilih dan compiz pun jalan dengan indah nya...


sekian ...

thank's to all
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Anonymous
admin
May 12, 2009 at 5:12 PM ×

nice....

Congrats bro Anonymous you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

comment please ... ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment