Skip to main content

Posts

Showing posts from 2009

Clone or Copy Virtual box image *.vdi

--case-- Wanna make a duplicate from VDI image

--1-- Copy a VDI image

--2--
run tis via command promp

C:\Program Files\Sun\VirtualBox>VBoxManage.exe internalcommands sethduuid "C:\Documents and Settings\kumara\My Documents\image\bb22.vdi"
VirtualBox Command Line Management Interface Version 3.0.8
(C) 2005-2009 Sun Microsystems, Inc.
All rights reserved.


UUID changed to: 21a82c4f-46ca-4a82-965a-4fca0f910c99


C:\Program Files\Sun\VirtualBox>
--testing n checking-- add to Virtual Media Manager on your Vbox

and done.. !

source :
http://forums.virtualbox.org

instalasi zimbra di enterprise linux 4

--tentang ini--
http://wiki.zimbra.com/
http://www.zimbra.com/

--next-- Untuk instalasi dan sekedar dokumentasi, ( base on tutorial yang didapat) . so.... lets begin


--1--
Dns seperti yang telah di ketahui untuk dns bisa langsung di lihat Konfigurasi Dns on Enterprise Linux
dan pastikan bind terinstall dengan baik.

--2-- for software zimbra bisa di download from the original website. and i use zimbra versi open source nya.
from http://download.zimbra.web.id/binary/6.0.1/zcs-6.0.1_GA_1816.RHEL4.20090911162108.tgz
dan extrak file hasil download.

[root@mail share]# tar -xvzf zcs-6.0.1_GA_1816.RHEL4.20090911162108.tgz
--3-- [root@mail share]# cd zcs-6.0.1_GA_1816.RHEL4.20090911162108
Secara normal untuk instalasi bisa langsung dengan menjalankan script

[root@mail share]#./install
Tapi karena tidak menggunakan RHEL4 so jalankan dengan perintah

[root@mail share]# ./install.sh --platform-override

ikuti petunjuk sampai selesai dan zimbra siap di jalan kan.

--testing n checking--
zimbra bisa di akses me…

Konfigurasi Bind - DNS on Enterprise Linux 4

--prepare --
[root@RAC1 ~]# rpm - qa | grep bind
ypbind-1.17.2-13
bind-utils-9.2.4-24.EL4
bind-libs-9.2.4-24.EL4
bind-devel-9.2.4-24.EL4
bind-9.2.4-24.EL4
bind-chroot-9.2.4-24.EL4
[root@RAC1 ~]# rpm - qa | grep caching
caching-nameserver-7.3-3


--2--
for default installation, file placed under /var/named/chroot . edit file named.conf
[root@]#vim /var/named/chroot/etc/named.conf
or
/etc/named.conf


zone "localhost" IN {
        type master;
        file "localhost.zone";
        allow-update { none; };
};


zone "0.0.127.in-addr.arpa" IN {
        type master;
        file "named.local";
        allow-update { none; };
};


zone "sim-mob.com" IN {

        type master;

        file "/var/named/sim-mob.com";

};



zone "1.168.192.in-addr.arpa" IN {

        type master;

        file "/var/named/1.168.192.in-addr.zone";

};




zone "0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.0.ip6.arpa" IN {
        type master;
        file &qu…

Setting Virtual Host XAMMP with xp

--detail--

Virtual hosting is a method that servers such as web servers use to host more than one domain name on the same computer, sometimes on the same IP address.
Virtual web hosting is one of the most popular hosting options available at the moment—probably because it is one of the most cost effective options on the market. Also known as shared web hosting, virtual hosting allows a website owner to have a site hosted on a web server that is shared with other websites. In simple terms, the virtual hosting company's server will allocate out hosting services and bandwidth to more than one website. Virtual web hosting is a cheaper hosting option because you won't have to pay for a dedicated server to host just your website.
Virtual web hosting is a good solution for small- to medium-sized )(and even some larger) websites that aren't constantly being visited or that have reasonable bandwidth needs.(http://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_host)


 --1--
Go to :
C:\WINDOWS\system…

contoh Sms template tuk lebaran

Semoga Bisa Membantu di Hari Yang Fitri dengan sms template


Andai jemari tak smpt berjabat,andai raga tak dpt b’tatap
Seiring beduk yg mgema,sruan takbir yg berkumandang
Kuhaturkan salam menyambut Hari raya idul fitri,jk Ada kata serta khilafku
membekas lara mhn maaf lahir batin.
SELAMAT IDUL FITRI

Mawar berseri dipagi Hari
Pancaran putihnya menyapa nurani
Sms dikirim pengganti diri
SELAMAT IDUL FITRI
MOHON MAAF LAHIR BATHIN

Sebelum Ramadhan pergi
Sebelum Idul fitri datang
Sebelum operator sibuk
Sebelum sms pending mulu
Sebelum pulsa habis
Dari hati ngucapin MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Jika HATI sejernih AIR, jangan biarkan IA keruh,
Jika HATI seputih AWAN, jangan biarkan dia mendung,
Jika HATI seindah BULAN, hiasi IA dengan IMAN.
Mohon Maaf lahir Dan batin

Menyambung kasih, merajut cinta, beralas ikhlas, beratap DOA.
Semasa hidup bersimbah khilaf & dosa, berharap dibasuh maaf.
Selamat Idul Fitri

Melati semerbak harum mewangi,
Sebagai penghias di Hari fitri…

MARHABAN YAA RAMADHAN

MARHABAN YAA RAMADHAN


Ramadhan telah tiba,
sucikan hati, sucikan pikiran tuk menyambut datang Nya.


Jika kerakusan ulat ibarat nafsu angkara,
dan kepompongnya adalah Ramadhan,
maka keindahan kupu-kupu adalah taqwa.




Kepompong Ramadhan datang menyapa
Semoga kesehatan, kekuatan, dan keistiqomahan menyertai kita

Teriring ucapan tulus mohon maaf lahir-batin atas segala kesalahan
dari kami.
Semoga kita dapat meraih segala keutamaannya dan semoga
mendapat Ridho dari Allah SWT

Amien



Regard

Sakti ‘n istri

Transfer Sistem Operasi Virtual to Real PC ( VM 2 PC) over network

Assalamu'alaikum

--Base on--

Masalah ini di dasarkan pada sebuah percobaan yang di lakukan pada Virtual Mesin seperti VMWare, Virtual Box. Dari konfigurasi yang telah berhasil di Virtual Mesin, muncul keinginan untuk mentransfer sistem ini ( Sistem Operasi dalam Virtual Mesin) ke Komputer yang sesungguhnya.

Pemikiran pertama yang muncul adalah membuat backup sistem menjadi image sistem. Dari image ini kita bisa meng clone ke sistem asli nya dengan program bawaan linux ' dd '.

Masalah baru muncul, Bagaimana jika tiap komputer harus di isi dengan sistem operasi yang konfigurasinya berbeda? berarti kita harus membuat clone image dari tiap sistem? dan akan makan waktu makin lama......... :P

Akhirnya perjalanan bersama om Google pun membuahkan hasil, Yakni cloning over network.
Dan berikut step nya :

--Kepisan--

siapkan peralatan tempur yang di perlukan:

*teknis
- dd
- netcat atau disingkat nc
- live cd ( dalam hal ini kami menggunakan live cd Ubuntu yang didalam nya sudah ter include ked…

Make money from internet selain dari google adsance

Hi.... share again......

Now i just wana share about making money from the internet. and its it legal

--first--

You just need to register on this website ( registration is free)

klik here

or



--second--


Download FiestaBar and install it.

after finis installation run it and login with user that you have


--3thd--

let it run and just see the point that you earn....

good luck


:D

Testing Oracle cluster and RAC Transparent Application Failover (TAF)

--base on--

http://underdarkonsole.blogspot.com/2009/07/real-aplication-cluster-sekedar.html
http://underdarkonsole.blogspot.com/2009/07/install-database-for-cluster-aplication.html

dari artikel diatas sekarang adalah bagaimana cara mengetest bahwa rac telah berjalan dengan baik. Dan berikut sedikit commnad yang mungkin bisa kita pakai... :D
so... let's begin.......

--command--

Nb: dalam kasus ini database universal yang digunakan adalah " db"

Melihat status instance dan service di semua node

[oracle@rac1 ~]$ srvctl status database -d db
Instance db1 is running on node rac1
Instance db2 is running on node rac2


Jika hanya ingin mengecek di salah satu node saja

[oracle@rac1 ~]$ srvctl status instance -d db -i db1
Instance db1 is running on node rac1


untuk mematikan atau menyalakan instance tinggal ganti status dengan stop atau start
Untuk melihat aplikasi node yang berjalan

[oracle@rac1 ~]$ srvctl status nodeapps -n rac1
VIP is running on node: rac1
GSD is running on node: rac1

install database for cluster aplication with nfs or iSCSI

--base on ---

Tulisan sebelum nya Real Aplication Cluster - sekedar pengalaman aja.. and share..
Clusterware sudah terinstall.... dan selanjut nya instalasi untuk database nya

--persiapan--

Segala persiapan dah sesuai dan merujuk dari tulisan diatas maka persiapan hardware dan perlengkapan lainnya diangap dah selesai

--installation--

Untuk installasi komputer yang digunakan adalah rac1. Siapkan master database nya....
extrak database master:

unzip 10201_database_linux32.zip
Masuk kedalam direktori hasi unzipan dan jalankan perintah install

$cd database
$./runInstaller
dan screen capture nya sebagai berikut:

Jalanakan root.sh berdasarkan urutan dalam kolom nodes.. dan jangan berbarengan.. woke..

samapi disini... tinggal membuat database dengan menjalankan

dbca

selamat mengexplore sendiri yaa.....

sumber :
http://www.oracle.com/technology/pub/articles/hunter_rac10gr2_iscsi_2.html
http://www.oracle-base.com/articles/10g/OracleDB10gR2RACInstallationOnLinuxUsingNFS.php

Real Aplication Cluster - sekedar pengalaman aja.. and share..

Hi....
Dalam kesempatan ini, tulisan ini hanya untuk dokumentasi dari pengalaman aja..... untuk komentar tetap di tampung.

so let's begin.....

-- first --

Penjelasan mengenai Oracle RAC ini tidak di bahas ya... tetapi dapat dicari lewat bantuan om google ato ke wikipedia atau ke oracle nya ... oke atau ke http://en.wikipedia.org/wiki/Oracle_RAC

-- Topologi --

Topologi yang dipakai mengacu pada topologi http://www.oracle.com/technology/pub/articles/hunter_rac10gr2_iscsi.html , dengan 2 komputer node dan 1 sebagai data share. Dalam praktek nya, kami menggunakan dua metode share. Yang pertama menggunakan NFS dan yang satunya menggunakan iSCSI. Settingan untuk NFS bisa di cari di google, untuk iSCSI bisa melihat tulisan sebelumnya atau lihat di google juga :D ( google terus......... ).



-- instalasi --

saran:
1. Segi hardware dan software ikuti sesui recomendet dari oracle
2. Dari pengalaman gunakan LAN card yang bagus, karena akan berpengaruh sekali...( gak usah mahal mahal yang penting berfun…

ISCSI configure with openfiler... access oleh xp and linux

Hai.... n let's go....

- - first - -

Install Openfiler... (you can download : here )
akses openfiler via web base

login with user and pass that you was set on instalation

-- step 2 --

Create Group Volume

Select partition would be use. In case i use /dev/hda


Now create the pratition

Partition succes, then back to menu Volume Group and create group with the partisi that we have


-- step 3 --

Create Volume by click the Add Volume menu

then go to ISCSI Target menu and add new ISCSI target

go to LUN mapping Menu and map the partition

this step ISCSI is ready to use...

--step 4 --

Access the ISCSI
To access the ISCSI, we need ISCSI initiator.
- XP you can find :
Microsoft iSCSI Software Initiator Version 2.08
- Ubuntu you can find :
open-iscsi ( you can install with pakage management )
- Other Linux, can use ISCSI Initiator.

* Windows
- Download & install iSCSI Initiator, then run from program menu

Add target :

go to Targets Menu, click refresh button and then log on to iSCSI terget


now go to Co…

Trobos Firewall dengan proxy 2

hmm... awal bulan tlah datang .......

Seperti biasa, penyakit lama teman - teman banyak yang gak masuk. Dugaan ku sih pada shoping :D hehe ... maklum habis gajian gitu.. ( hus... masak mo gosip aja.....)

Woke deh pembukaan dah dimulai sekarang masuk ke inti pembahasan :D
Tunjep point tulisan berikut masih kelanjutan dari tulisan sebelum nya Trobos Firewall dengan proxy....
Kalo dari tulisan sebelemnya, kita manfaat kan proxy untuk buka web. Sekarang kita manfaatkan proxy untuk mendownload.

Sepesial nya adalah untuk mendownload dari www.rapidshare.com
Dan sepesial downloadernya adalah jdownloader

Wokeh langsung aja kita mulai
1. Download Jdownloader di website nya (free)
2. Siapkan Proxy yang akan di gunakan ( bisa liat tulisan sebelumnya)
3. Setting Proxy untuk mendownload nya

4. Itu saja dan anda bisa langsung mendownload dari rapidshare

NB: Salah satu kelebihan dari Jdownloader ini juga bisa mendownload banyak link sekaligus

Sekian...

thank's for visiting...

Konfigurasi samba PDC another way with bash script

Base on
Conversation with xxxxxxxxxxxx at 5/26/2009 8:42:09 AM on xxxx (yahoo)
(5/25/2009 8:20:26 PM)xxxxxx: kirimin ke emailku perbedaan jaringan di linux dan windows, trus kenapa jaringan lebih baik kalau di linux? tak tunggu yah. pake notepad aeee OKEH. sisan tutorial samba sebagai PDC okeh (domain controler) matursuwun [ minimal dua user ajah di sambanya ]

Dari permintaan seorang teman aku akhirnya nulis lagi sekalian tuk menuhin blog gitu.. juga nostalgia dengan bash script. :D dah hampir lupa soale. maklum pake W******* teyusss.. heehhe

so.... pembahasan akan mencakup tentan PDC dengan samba ...( jadi inget waktu kuliah )..
lets begin

Dengan Script bash
1. Siapkan peralatan tempur
2. Samba ready :D silahkan di install dulu samba, samba-common, samba-client
3. Karena script menggunakan dialog, install terlebih dahulu pakage :dialog (1.1-20071028-3)
4. Download script nya disini http://www.ziddu.com/download/4906070/samba_pdc.rar.html
5. Extrak samba_pdc.rar
6. Kasih permisi exe…